Thursday, March 1, 2012

CABAI



Cabai Merah bernama latin Capsicum annum L. Orang Manado menamainya rica. Sementara di Bali disebut tabia. Di Cina cabai merah punya nama lokal la chiao. Sedangkan orang jawa sering menyebutnya lombok abang. Dalam bahasa Inggris sih disebut red pepper.
Cabai merah ini tanaman asli Amerika. Tersebar dari Meksiko hingga bagian utara Amerika Sselatan. Tidak jelas kapan masukknya ke Indonesia, tapi sangat nyata kalau cabai tidak bisa dipisahkan dari dapur kita. Dari sambal sampai rending, dari tumisan sampai lalapan, full cabai deh.
Rasa cabai merah pedas, sifatnya panas. Meskipun demikian tenang saja lah, pedas cabai merah ini tak senendang cabai rawit. Buah mudanya berwarna hijau, sering juga kok kita memakainya untuk tumisan kan. Nah yang sudah tua berwarna merah cerah. Varietasnya sih beraneka, artinya berdasarkan bentuk, ukuran, rasa pedas, dan warna buahnya, kultivarnya cukup banyak.
Tampilan fisiknya juga beragam kok, tapi secara kasat mata bisa digolongkan dalam 2 varian: cabai merah keriting, dan cabai merah besar. Cabai merah keriting lebih kurus, biasanya padat dan agak bergelombang kulitnya. Diameter buahnya tak sebesar cabai merah besar yang terkenal gendhut-gendhut itu. Sedangkan dari sisi rasa, cabai rawit keriting jatuhnya lebih pedas dibandingkan cabai merah besar.
Khasiat & Nutrisi
Cabai merupakan stimulan, mampu meningkatkan nafsu makan dan meluruhkan keringat. Tahu dong, setiap ada yang hot kepanasan makan cabai, pasti keringat langsung bercucuran. Itu karena cabai mengandung minyak atsiri capsaicin yang menyebabkan rasa pedas dan menghangatkan tubuh bila digunakan untuk rempah. Bila kita terlalu banyak mengkonsumsi capsaicin ini, berakibat rasa terbakar di mulut, berderai keringat dan dan bahkan air mata.
Nutrisi cabai merah cukup banyak, khususnya kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Dalam 100 gr cabai merah terdapat vitamin C atau asam askorbat 190 mg. Sedangkan kandungan vitamin A adalah 5700 IU. Sedangkan kandungan mineral cabai merah antara lain kalsium, besi, magnesium, phospor, potassium, , seng, dan lain-lain.
Cabai Merah di Pasaran
Cabai merah ditawarkan dalam beberapa bentuk. Umumnya dijajakan secara segar, baik yang merah maupun hijau. Tapi sebenarnya di pasaran ada juga bubuk cabai merah maupun cabai merah kering.
Cabai bubuk sering digunakan untuk taburan mie instan. Sedangkan cabai merah kering banyak dimanfaatkan untuk hidangan-hidangan melayu dan Sumatra.
Btw, ada mitos rumor yang beredar di kalangan pecinta dapur. Katanya kalau mempergunakan cabai dalam jumlah ganjil, rasanya bakalan lebih pedas dibandingkan yang berjumlah genap. Ada yang bisa membantu benar atau tidaknya rumor itu?

No comments:

Post a Comment